pecel punten

Wisata Ke Blitar

Baiklah pada hari ini saya membuat artikel tentang tempat-tempat wisata di Kota Blitar. Siapa yang belum tau Kota Blitar? Kota Blitar adalah sebuah kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 167 km sebelah Selatan kota Surabaya. Kota Blitar terkenal sebagai tempat dimakamkannya Presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno. Di Kota Blitar kita mempunyai banyak pilihan saat berlibur di sana. Tentang kuliner atau tempat wisata.

Kuliner yang harus di coba saat berkunjung di Blitar
a. Wajik Kletik
wajik kletik

Wajik kletik bikinan Blitar ini sangat menonjolkan ke-khasan rasa yang tidak anda temukan pada wajik kletik yang berasal dari daerah selain Blitar. Rasanya kletik-kletik, manis dan kasar di lidah. Keterpaduan rasa yang ada dalam wajik kletik ini menambah kenikmatanya.

b. Nasi Pecel Punten
pecel punten

Sedikit berbeda dengan pecel khas Malang, tekstur bumbu kacang pecel Blitar lebih halus, sedikit lebih berminyak, dan bercita rasa manis dan gurih. Bumbunya yg sangat terasa gurih, pedas dengan gilingan bahan yang cukup halus membuat tiap bahan yang tercampur menciptakan cita rasa yang tinggi. Sambel pecel dibuat dari perpaduan kacang tanah, gula kelapa, rempah-rempah dan bumbu rahasia serta daun jeruknya yang membuat rasanya semakin nikmat.

c. Belimbing Karangsari
belimbing karangsari

Desa Karangsari, kecamatan Sukorejo merupakan desa wisata yang terkenal dengan belimbingnya. Berbeda dengan belimbing pada umumnya, belimbing Karangsari memiliki keistimewaan dari segi ukuran, warna dan tentu saja rasa. Belimbing Karangsari memiliki ukuran yang lebih besar dari belimbing biasa, dengan warna kuning kemerahan yang mencolok dan rasa yang dominan manis. Belimbing Karangsari selalu menjadi agenda yang akan dicari sebagai oleh-oleh saat wisatawan berkunjung ke Blitar.

d. Peyek Uceng
peyek uceng

Uceng adalah ikan air tawar, biasanya hidup di sungai yang airnya jernih dan mengalir deras. Ikan ini bentuknya bentuknya bulat dan memanjang kira2 sebesar jari kelingking, tidak bersisik dan terdapat garis-garis vertikal hitam di badannya.

e. Geti
geti

Geti merupakan salah satu makanan khas kabupaten Blitar yang terbuat dari kacang, wijen, dan gula merah. Geti biasanya disuguhkan sebagai jajanan khas di Tulungagung pada hari raya atau pernikahan untuk menyambut para tamu.

Tempat Wisata yang harus dikunjungi saat berkunjung di Blitar
a. Tempat Wisata Alam
– Pantai Tambakrejo sekitar 45 km dari kota Blitar, terletak di desa Tambakrejo (Wonotirto)
– Pantai Serang sekitar 30 km dari kota Blitar, terletak di desa Serang Panggungrejo
– Pantai Jolosutro sekitar 67 km dari kota Blitar, terletak di desa Ringinrejo (Wates)
– Goa Embul Tuk sekitar 60 km dari kota Blitar, terletak di desa Tumpak kepuh (Bakung)
– Bendungan Lahor Selorejo sekitar 50 km dari kota Blitar, terletak di desa Ngreco (Selorejo)
– Petilasan Telaga Rambut Mote sekitar 35 km dari kota Blitar, terletak ti desa Krisik (Gandusari)

b. Tempat Wisata Sejarah
– Candi Penataran sekitar 12 km dari kota Blitar, terletak di desa Penataran (Nglegok)
– Candi Simping sekitar 10 km dari kota Blitar, terletak di desa Sumberjati (Kademangan)
– Monument Trisula sekitar 40 km dari kota Blitar, terletak di desa Bakung (Bakung)

Leave a Reply