museum adityawarman kota padang

Yang Wajib Dilakukan Jika Berkunjung Ke Kota Padang

Hai sahabat jejaring semua. Siapa yang hari ini berlibur ke kota Padang. Pasti yang pertama kali berkunjung ke sana bingung, harus ke tempat wisata yang mana. Atau mungkin kalian sudah tahu mau ke mana tapi tidak tahu tempatnya. Semoga artikel ini dapat sedikit membantu anda, yah. Selamat membaca !!

A.   Tempat wisata
1.    Pantai Aie Mani atau Pantai Air Manis

pantai air manis kota padang

Pantai Air Manis, merupakan salah satu pantai  yang terdapat di Kota Padang yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki  pesona pantai yang indah dengan gulungnan ombak yang semilir. Ketika pantai dihembus angin sepoi-sepoi, terdengar suara ombak yang lembut menyusuri pantai, sehingga membuat nuansa menjadi sejuk dan tenteram. Jika air laut sedang surut, para wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri bibir pantai yang cukup luas sembari melihat pemandangan laut yang terbentang luas di depan mata. Di pantai ini juga terdapat patung “si  anak durhaka Malin Kundang”. Pantai Air Manis terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatra  Barat, Indonesia.

2.    Museum Adityawarman

museum adityawarman kota padang

Museum yang bergaya arsitektur Rumah Gadang ini adalah salah satu museum di Sumatera Barat yang terletak di kota Padang, tepatnya di Jalan Diponegoro No. 10, kecamatan Padang Barat. Museum ini diresmikan pada 16 Maret 1977 oleh Mendikbud, Prof. Dr. Syarif Thayeb. Museum ini berada di bawah wewenang pemerintah daerah provinsi Sumatera Barat. Museum ini menggunakan nama salah seorang raja yang pernah berkuasa di Malayapura yaitu Adityawarman dengan masa pemerintahan antara 1347-1375.

3.    Jembatan Siti Nurbaya

jembatan siti nurbaya kota padang

Jembatan Siti Nurbaya ini terletak di kota tuanya Padang. Jika dilihat, akan ada banyak sekali kapal-kapal kayu maupun speedboat yang berjejer di Sungai Batang Arau, baik untuk keperluan menangkap ikan maupun untuk mengantarkan wisatawan ke lokasi diving. Sebelum ada Jembatan Siti Nurbaya, masyarakat dari Kota Padang yang akan ke Bukit Gunung Padang harus menaiki perahu kayu yang oleh masyarakat setempat disebut dengan sampan. Adanya jembatan ini juga telah mengubah perekonomian di Bukit Gunung Padang. Awalnya, orang-orang yang tinggal di bukit ini tergolong dari kalangan orang kurang mampu, sementara saat ini banyak berdiri bangunan yang cukup megah karena akses transportasi yang lebih mudah. Pada sore atau malam hari geliat aktivitas warga di Jembatan Siti Nurbaya ini begitu terasa. Jika siang hanya ada kendaraan yang lalu lalang, saat malam hari jembatan juga berfungsi sebagai tempat untuk bersantai dan nongkrong sambil mencicipi berbagai panganan yang dijual di sepanjang jembatan, seperti Sate Padang, pisang bakar, jagung bakar dan berbagai minuman.

4.    Pantai Pasir Jambak

pantai pasir jambak kota padang

Pantai yang selalu ramai dikunjungi terutama oleh muda mudi saat sunset (Matahari Terbenam) adalah Pantai Pasir Jambak. Pantai yang letaknya sekitar 17 km dari pusat kota Padang ini menyajikan panorama indah yang pas sekali dinikmati bersama orang tersayang.

5.    Pantai Nirwana

pantai nirwana kota padang

Pantai adalah pemandangan sehari-hari bagi masyarakat lokal, namun bagi para pendatang dan wisatawan pantai-pantai yang berada di kepulauan Buton teramat sayang untuk di lewatkan. Bau-Bau sendiri memiliki pantai di beberapa bagian kotanya, Pantai Nirwana dan Pantai Lakeba adalah diantara nya.

6.    Pemandian Lubuk Minturun

pemandian lubuk minturun kota padang

Pemandian Lubuk Minurun ini berada sekitar 10 kilometer utara Kota Padang. Perjalanan menuju ke obyek itu dapat ditempuh dengan mobil atau motor. Kalau memakai angkutan umum, anda dapat memanfaatkan angkutan kota jurusan Tabing-Lubuk Minturun atau by pass Lubeg menuju batas kota dan turun di simpang Lubukminturun. Selanjutnya anda dapat naik ojek dengan ongkos sesuai kepandaian anda menawar.

7.    Panorama Sitinjau Lauik

panorama sitinjau lauik

Sitinjau Lauik ini berada di kaki/lereng Gunung Talang. Gunung Talang sendiri adalah gunung yang berada paling dekat dengan Kota Padang dengan ketinggian 2690 meter. Pemandangan yang disajikan adalah Pemandangan pegunungan, hamparan kota padang dan suguhan samudara hindia, apalagi disambil nyurumput teh hangat, atau secangkir kopi membuat kita berlama-lama disini, coba datang dan rasakan sendiri keindahannya.

8.    Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

air terjun sarasah banyak gariang

Objek wisata ini juga terletak di Ulu Gadut, tepatnya di kaki Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh. Air terjun ini mempunyai ketinggian 60 meter. Perjalanan ke lokasi ini hanya menempuh waktu + 40 menit. Dahulunya kolam air terjun ini banyak Ikan Gariangnya, karena itu masyarakat sekitar Ulu Gadut menamakan Air Terjun Sarasah Banyak Gariang.

B.    Kuliner

Di Kota Padang begitu banyak kulinernya. Hingga disediakan sendiri rumah makannya, hehe. Masakan Padang di kenal pedas semua. Jika anda ingin mecoba makanan Padang saya sarankan anda untuk pergi rumah makan Padang saja.

Itulah beberapa referensi dari saya. Semoga bermanfaat yah !! Terimakasih sudah membacanya yah !!

Leave a Reply