bengawan solo

Yang Wajib Dilakukan Jika Berkunjung Ke Kota Solo

Hai sahabat jejaring semua. Siapa yang hari ini berlibur ke kota Solo/Surakarta. Pasti yang lagi berkunjung ke sana agak bingung, kan harus ke tempat wisata yang mana. Atau mungkin kalian sudah tahu mau kemana tapi tidak tahu tempatnya. Semoga artikel ini dapat sedikit membantu anda yah !!
Selamat membaca !!

A. Tempat wisata
1. Museum Batik Kuno Dahar Hadi

batik danar hadi

Museum Batik ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu Warisan Kebudayaan Dunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009 Haji Santosa Doellah yang juga pemilik usaha Batik Danarhadi ini mengumpulkan batik dari seluruh penjuru negeri. Hingga kini koleksinya sudah mencapai lebih dari sepuluh ribu lembar kain batik kuno, 600 di antaranya dipamerkan di Museum Batik Danarhadi. Museum ini terletak pada di Jl. Slamet Riyadi 261 Surakarta.
2. Museum Manusia Purba Sangiran

museum purbakala sangiran

Situs Manusia Purba Sangiran terletak 18 km di sebelah utara Solo dengan luas kurang lebih 56 KM persegi. Museum ini terletak di Desa Sangiran, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen.
3. Kraton Surakarta Hadiningrat

kraton surakarta hadiningrat

Kraton Surakarta Hadiningrat atau yang kemudian lebih dikenal sebagai Kraton Kasunanan Surakarta telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Kraton ini adalah “penerus” dari Kerajaan Mataram Islam. Kraton tersebut terletak di Baluwarti Village, Kliwon Market District, Surakarta.
4. Pasar Triwindu

pasar triwindu

Bagi para penggemar barang pusaka dan antik. Sebaiknya pergilah ke pasar Triwindu (sekarang bernama Pasar Windujenar). Aneka koleksi kain batik, uang dan koin kuno, cap batik, gramofon tua dari Eropa, wayang-wayang yang terlukis di papan kayu tua, sepeda dari tahun 1930an, hingga berbagai benda yang diklaim sebagai fosil makhluk purba dari Sangiran bisa ditemukan di sini. Pasar ini terlatak di Jl. Diponegoro, Solo.
5. Air Terjun Grojokan Sewu Tawamangu

air terjun grojogan sewu

Grojogan Sewu yang berarti “seribu air terjun”, air terjun ini terletak di dalam sebuah kawasan hutan lindung seluas 20 hektar. Area wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas flying fox, arung jeram kecil, duta playground dengan pemancingannya, dan arena outbond dengan taman lalu lintas dan kereta pohon. Tak hanya manusia, ribuan kera juga betah berlama-lama di sini. Mereka berkeliaran dengan bebas tanpa rasa takut pada manusia. Meskipun nampak jinak, namun kita harus tetap waspada karena sewaktu-waktu mereka bisa tiba-tiba mengambil tas ataupun barang bawaan lainnya. Air Terjun ini terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
6. Bengawan Solo

bengawan solo

Beberapa ratus meter pertama, sungai ramai dengan warga dan berbagai aktivitas pagi mereka. Keramahan khas penduduk desa sangat terasa. Beberapa orang penduduk menyirami tanaman di pinggiran sungai yang disulap menjadi ladang, menggembala kambing atau bebek, atau sekedar berkumpul di atas tanggul sambil berbincang dan bersenda gurau. Sesekali perahu nelayan yang sedang mencari ikan melintas. Dulu Bengawan Solo pernah tersohor sebagai surga ikan air tawar. Bahkan ada sekitar 30 jenis ikan yang tinggal dan berkembang biak di sungai ini. Namun sayang, kini hanya beberapa jenis saja yang masih bertahan, diantaranya ikan jambal, gabus dan ikan putihan.

B. Kuliner Khas Solo / Surakarta
1. Nasi Liwet Wongso Lemu

nasi liwet wongso lemu

Bagi pecinta kuliner wajib untuk datang ke tempat ini. Di Jl. Teuku Umar, Solo. Memang tidak lengkap rasanya jika pergi ke Solo tetapi tidak mencicipi kelezatan dari Nasi Liwet. Nasi Liwet Wongso Lemu merupakan Penjual nasi liwet yang terkenal di Solo.
2. Gudeg Ceker Margoyudan

gudeg ceker margoyudan

Jika anda berada di Solo. Anda terbangun dari tidur anda saat jam pukul 1.30-02.00 WIB. Dan anda lapar. Dan anda ingin makan gudeg. Sempatkanlah waktu tersebut untuk pergi ke Jl. Wolter Monginsidi, Solo. Di sana terdapat seorang penjual gudeg yang sangat populer. Namun jika anda ingin mendapatkan makanan tersebut anda harus sabar. Karena banyak sekali pembeli yang mengantri untuk mendapatkan seporsi gudeg. Jika anda terlambat mungkin gudeg itu sudah habis karena rumah makan gudeg tersebut hanya buka sampai jam 04.00.
3. Timlo

timlo

Timlo yang dimaksud bukanlah Grup Band melainkan makanan khas Solo yang isinya potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Biasanya timlo disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat. Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo. Oh ya, untuk yang bermasalah dengan kolesterol, makanan ini sepertinya kurang cocok juga.
4. Serabi / Surabi Notosuman

serabi notosuman

Serabi atau surabi sebenarnya adalah semacam pancake yang bahan adonannya terdiri dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi, dan bahan lainnya yang kemudian dipanaskan dalam suatu cetakan berupa wajan kecil yang kemudian ditutup dengan penutup dari tanah liat supaya serabi mekar. Serabi memiliki tekstur kenyal namun tetap lembut dan rasanya sangat legit. Letaknya serabi ini di sepanjang Jalan Moh. Yamin Notosuman. Toko serabi Notosuman yang terkenal adalah Serabi Notosuman Ny. Lidia (kotak bungkusnya warna hijau) dan Serabi Notosuman Ny. Handayani (kotak bungkusnya warna coklat/merah).

Itulah tadi beberapa Tempat wisata dan Kuliner dari Solo/Surakarta. Semoga bermanfaat yah. Terimakasih sudah membaca.

Leave a Reply