Cara Install CentOS 6.3

By | Januari 13, 2019

Dalam artikel yang saya buat ini, saya akan sharing sedikit ilmu saya tentang cara atau langkah – langkah installasi OS CentOS versi 6.3 yang berbentuk text , menggunakan media VIRTUAL MACHINE.Media ini di gunakan bagi orang – orang yang ingin belajar tentang system operasi lain selain WINDOWS. Virtual Machine ini bisa di aplikasikan dari OS WINDOWS. OpenBSD, dan OS Linux lainnya.

Cara Install CentOS 6.3

System Operasi CentOS ini merupakan keturunan dari Linux RedHat. Jadi bahasa perintah untuk system operasi ini tidak jauh dari system operasi RedHat. Mari kita lihat saja cara instalasinya.

1.  Setelah virtual machine kita start muncul menu awal seperti screen shot di bawah , pilih “install or upgrade an existing system”.

2. Setelah itu akan muncul proses checking data hardware.

3. Pada menu disk found Anda bisa pilih ok atau skip. Pilih skip jika instalasinya terburu – buru.

4. Kemudian proses akan berjalan sendiri

5. Tunggu proses hingga selesai

6. Pilih next

Baca Juga: Linux dan Windows

7. Pilih bahasa yang akan Anda gunakan dalam instalasi OS

8. Pilih susunan keyboard

9. Pada menu ini jika anda ingin membuat partisi anda secara automatic , pilih “Basic Store Devices” , jika secara manual pilih “Specialized Strorange Device” , Next

10. Pilih “Ya, buang semua data”, jika Anda akan memformat harddisk Anda, dan pilih “Tidak, simpan data”, jika Anda ingin menimpa data-data Anda.

11. Isi nama PC Anda

12. Pilih zona waktu sesuai dengan daerah Anda

13. Beri password untuk root

14. Pada menu jenis instalasi , pilih “Gunakan Semua Ruang” tapi jika masih ada data penting di dalam hard disk Anda pilih “timpa system linux yang ada”. Next.

15. Pilih Meneruskan perubahan ke disk untuk melanjutkan proses instalasi

16. Tunggu hingga proses pemformatan harddisk selesai

17. Tunggu proses instalasi OS selesai

18. Setelah instalasi selesai pilih boot ulang untuk merestart system

19. Berikut tampilan awal OS setelah di reboot, instalasi selesai OS siap digunakan

Baca Juga: Cara Mudah Install Windows 8

Penutup

Sekian artikel saya dan tentang sedikit pengetauan saya. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan , terimakasih atas luangan watunya untuk menyimak dan membaca artikel instalasi OS CentOS ini , bila ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya.