Cara Mengatasi Driver Printer Rusak Lengkap – Install Driver Printer yang Benar

Cara Mengatasi Driver Printer Rusak Lengkap – printer salah satu alat paling penting dalam dunia usaha, sekolah, pribadi. jelas akan membuat kepala pusing tujuh keliling kalau saat ada tugas penting atau hal penting lainnya si printer malah error tak terduga. Printer rusak biasanya di sebabkan oleh driver yang tidak kompatible dengan PC.

Driver Printer rusak di karenakan tidak pernah di update atau ada registry yang ke edit saat install aplikasi lain bahkan saat sedang lakukan pembersihan pc menggunakan tools semacam CC Cleaner. CC Cleaner sendiri salah satu tools yang sangat lengkap untuk pembersihan dan peringan pc karena sampai ke akarpun di babat tuntas yang error error. namun itu salah satu kelemahannya asal tebas jadi kena imbas. salah satunya driver printer yang tidak berdosa ini.

Baca Juga:
Cara Install Dan Memperbaiki NVIDIA Lengkap
Cara Mengatasi Driver VGA yang Error – Update Grapichs And Video Card
Cara Mengatasi Reboot And Select Proper Boot Device Or Insert Boot Media In Selected Boot Device and press a key

lantas bagaimana cara mengatasi driver printer yang rusak ? ya simak saja karena disini akan di jelaskan secara rinci tentang permasalahan driver printer yang rusak.

apa itu Driver Printer ? sudah jelas bukan di atas sudah ada sedikit penjelasan tentang driver printer namun definisi menurut google dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Driver printer ialah suatu program Perangkat lunak yang digunakan untuk mengubah data yang kita perintahkan untuk di cetak ke kertas yang sudah di pasang dan di terapkan di printer.

Mengatasi Driver Printer ?

Kesalahan printer memang jarang terjadi namun bisa saja karena keteledoran atau kesalahan si pengguna yang kurang teliti dalam melakukan installasi driver. Mungkin download hanya mereknya saja tidak sesuai dengan type nya.
Windows tidak bisa mengenali driver printer jika pemasangan tidak terpasang dengan benar. Windows hanya mendeteksi driver yang kompatible dengannya.

namun tidak perlu khawatir karena masalah driver ini cukup mudah untuk di atasi. pastinya kalian harus baca terus sampai habis ya agar bisa mengetahui details permasalahn driver printer secara umum dan cara mengatasi driver printer rusak.

Masalah Driver Printer mungkin terjadi karena alasan berikut

  • Driver Printer tidak di konfigurasi dengan benar
  • Driver Printer tidak kompatible dengan windows dan driver yang kalian install
  • Rusaknya atau masuknya registry driver pinter ke windows secara tidak benar
  • Virus yang menyusup dan menginfeksi driver printer


Masalah Driver Printer Yang Paling UMUM

Ya kita coba scroll ke atas pastinya kalau printer rusak kita tidak bisa mencetak dokumen dokumen dan hal penting lain saat masa masa genting.

berikut error printer yang sering muncul saat masa masa genting :
Error 1 – Windows Explorer has encountered a problem and needs to close. We are sorry for any inconvenience.
Meaning – The above error usually signifies that the installed printer driver is an older version.
Error 2 – Spoolsv.exe has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience.
Meaning – The above error usually occurs when the installed printer driver is not compatible with your Windows operating system.

Jadi Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Driver Printer ?

install driver terbaru menggunakan driver management Tools bisa cari di google
tools ini sangat mudah dan cepat dalam proses melakukan pembaharuan driver. tentuk akan mempermudah kalian untuk memperbaiki error pada driver printer yang rusak. hanya klik SCAN dan tunggu, lalu cari driver yang sesuai dengan Printer kalian. lakukan proses installasi sescara manual.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Emulator NOX, MEMU, KOPLAYER Stuck di 99
Mengatasi Macam Macam Error CODE pada Device Manager
Cara Mengatasi CPU/Komputer Nyala Monitor Gelap/No Display
Cara Mengatasi Komputer atau laptop lambat, lag, slow


Cara Instal Driver Printer Terbaru dari Folder Printer

jika driver printer terbarunya sudah di simpan maka lakukan cara cara dibawah ini untuk melakukan proses instalasi secara manual :

  • Buka Control Panel
  • klik Hardware and sound
  • klik printers
  • klik kanan kemudian “RUN AS ADMINISTRATOR”
  • klik propeties
  • klik advanced
  • klik new driver tab lalu ikuti petunjuk yang muncul di layar

ya itulah cara menginstall driver printer secara manual sudah saya praktekan hasilnya sangat jos pastinya berhasil. awalnya ane juga puyeng saat ada orang mau ngeprint eh ini printer malah ngambek al hasil ubek ubek om google ketemu juga caranya. ane catat aja di blog biar gak lupa sekaligus bisa bermanfaat buat yang lain.

sekian proses dan penjelasan yang sudah rinci menurut saya tentang cara mengatasi driver printer yang rusak. pastikan untuk selalu berkomentar jika ada yang tidak di mengerti. secepat dan sebisa mungkin saya akan membantu menjelaskannya.