Cara Mengatasi Driver VGA yang Error – Update Grapichs And Video Card

Cara Mengatasi Driver VGA yang Error – VGA ( Video Graphics Array ) seringkali kita gunakan untuk menambah daya display atau layar pada monitor, selain itu VGA card juga dikenal sebagai penghubung antara OS ( sistem operasi ) dengan Video Card. tentu akan sangat merepotkan jika VGA terjadi error pada pc yang akan kita gunakan. ya masalah yang sering di temui karena errornya vga biasanya layar blank ( hitam / seperti tidak menyala ) , Gambar Pecah-pecah, resolusi dan ukuran yang tidak beraturan. Hal hal seperti itu sering kali kita temui.

Baca Juga:
Cara Install Dan Memperbaiki NVIDIA Lengkap
Cara Mengatasi Driver Printer Rusak Lengkap – Install Driver Printer yang Benar
Cara Mengatasi Reboot And Select Proper Boot Device Or Insert Boot Media In Selected Boot Device and press a key

Masalah VGA

Masalah VGA yang error ini udah sering ane alami saat melakukan BONGKAR PASANG , Maklum teknisi AMATIRAN , modal gunting doang buat buka baut ( Oops Curhat ) back to the topic. masalah masalah yang ane temui seperti halnya yang sudah ane tuliskan di atas. padahal VGA sudah di pasang dengan benar tapi resolusi masih gak berubah OMG. Kepala mumet sesaat dan memaksa si jari untuk menyentuh si keyboard, alhasil berbuah yang manis hasil dari perkawinan si jari dan keyboard hehe.

banyak hal yang harus di perhatikan saat mengatasi driver VGA yang rusak dan pastinya baca sampai habis ya biar gak keliru dan hasilnya sesuai dengan yang di harapkan.

berikut ini beberapa masalah yang ditemui saat driver VGA error :

  • Reccuring Graphics and Video Card Driver Errors.
  • Missing or out of date Drivers ( sudah Usang Harus di perbarui )
  • Driver Configuration Errors ( Kesalahan Mengkonfigurasi Driver )
  • atau masalah Driver VGA yang lainnya


4 error code yang sering muncul

  • Reinstall the drivers for this device. ( Code 18 ) – kemungkinan ada data yang kurang saat proses install atau driver nya sudah usang harus di perbarui.
  • This device is not configured correctly. ( code 1 ) – biasa terjadi karena kesalahan dalam melakukan konfigurasi.
  • The drivers for this device are not installed. (code 28) – mungkin kalau masalah yang ini sudah jelas bisa kalian tebak sendiri apa masalahnya, ya benar sekali driver tidak ter install.
  • This device Cannot Start. ( Code 10 ) – bisa jadi drivers gak di start secara otomatis di services.msc atau bisa jadi karena drivernya tidak support karena belum di perbarui.


jadi bagaimana Cara mengatasi VGA Card Error ?

Hore sampai juga ke point yang di tunggu masalah VGA card errorr yang paling umum selalu bisa di pecahkan sama Device Manager, tapi gak semuanya lho terkadang device manager juga lelah untuk menghadapi itu semua.

ikuti beberapa langkah berikut khususnya untuk Windows 7 Dan Vista/XP.

Roll back driver yang sebelumnya di installed

  • Tekan Windows + R
  • Ketikan devmgmt.msc di kotak pencarian Enter
  • Klik 2x Display Adapters untuk melihat driver yang ada di dalamnya
  • Klik Devices that is causing the problem
  • Klik Driver Tab
  • Klik tombol Roll Back Driver
  • Ikuti Perintah yang muncul hingga selesai


Mudah bukan untuk menyelesaikan masalah VGA Card Yang Error ?

oops tapi tidak semua bisa di lakukan oleh cara ini seperti yang sudah saya katakan di atas.
selain itu juga ada yang belum terlalu mahir menggunakan windows , dan malas untuk membaca
mengikuti tutorial yang ada maka dari itu masalahnya jadi terasa lebih rumit. tapi tenang saja sekarang sudah banyak para developer membuat software yang mudah di gunakan untuk para penggunanya terlebih lagi mereka sekalian promosi dengan membatasi fitur fitur tertentu. pada postingan sebelumnya saya rasa sudah di jelaskan tentang menggunakan DRIVER UPDATER TOOLS .

Baca Juga:
Cara Mengatasi Emulator NOX, MEMU, KOPLAYER Stuck di 99
Mengatasi Macam Macam Error CODE pada Device Manager
Cara Mengatasi CPU/Komputer Nyala Monitor Gelap/No Display
Cara Mengatasi Komputer atau laptop lambat, lag, slow


3 Video Card Yang Sering di gunakan

  1. Nvidia – Siapa yang tidak kenal dengan VGA Card 1 ini ? sudah banyak di gunakan oleh para pengusa , baik kalangan pelajar pun selalu mencari mencarinya karena selain mudah juga hasilnya sangat baik walaupun pada saat penginstallan masih terasa rumit. untuk yang ingin tau lebih jauh dan tidak salah dalam melakukan proses installnya silahkan klik Cara Install NVIDIA
  2. Intel – VGA card 1 ini juga tidak kalah populernya dari VGA Card sebelumnya memang banyak yang tak jauh beda fungsi dari VGA card ini dari yang sebelumnya tapi ini memiliki kekurangan seringkali saat setelah di restart pengaturan nya berubah sendiri.
  3. AMD radeon – Ya yang ini memang terkenal populer jga namun sangat di sayangkan hanya di gunakan oleh orang-orang yang ingin spesifikasi komputernya bagus saja. tidak seperti halnya di gunakan untuk usaha.