Cara Mengatasi Komputer atau laptop lambat, lag, slow

By | Februari 25, 2019

jej4ring.web.id – Komputer lambat ? Nge Lag? Tepat Sekali Kalian datang ke blog ini tentunya saya akan menjelaskan semuanya Mulai dari sebab akibat dan cara mengatasinya.

Komputer lambat tampaknya menjadi masalah di semua pengguna PC dari yang menjalankan Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 untuk pengguna yang menjalankan XP dan Vista. Jika kalian adalah salah satu dari banyak orang yang frustrasi dengan kecepatan PC kalian, maka waktu yang kalian gunakan untuk membaca artikel ini akan menghemat jam frustrasi Kalian di masa depan Hehehe.

Penyebab utama PC yang lambat dapat dibagi menjadi dua kategori: perangkat keras dan perangkat lunak atau biasa di sebut (Hardware dan Software).

Saya Jelaskan terlebih dahulu dari perangkat lunak atau software.
Masalah utama yang mempengaruhi kecepatan PC adalah:
– kehabisan ruang pada hard-disk kalian
– masalah dengan Driver software – rusak, hilang atau kedaluwarsa
– data korup atau terfragmentasi
– Spyware dan Malware

Baca Juga:
Cara Install Dan Memperbaiki NVIDIA Lengkap
Cara Mengatasi Driver Printer Rusak Lengkap – Install Driver Printer yang Benar
Cara Mengatasi Driver VGA yang Error – Update Grapichs And Video Card
Cara Mengatasi Reboot And Select Proper Boot Device Or Insert Boot Media In Selected Boot Device and press a key

Ruang Hard Disk Rendah dan komputer yang lambat
Komputer kalian membutuhkan ruang hard disk minimum hingga 500MB untuk melakukan kegiatan dasar. Ini pada dasarnya untuk menampung file sementara dan swap / ukuran file halaman. Kedua hal ini memungkinkan komputer untuk mempercepat proses tertentu dengan menyimpan informasi sementara untuk akses yang lebih mudah. Jika komputer kalian tidak memiliki cukup ruang hard drive untuk file sementara atau peningkatan file swap, ini akan menghasilkan pelambatan signifikan pada PC kalian.

Untuk memeriksa apakah kalian mengalami masalah dengan ruang hard-disk:
– Pilih My Computer
– Klik kanan Drive yang ingin Anda periksa (biasanya C: Drive)
– Dari menu pilih Properties
– Lihat alokasi ruang di bawah tab Umum
– Jika Anda pengguna Windows 7 atau Vista, Anda cukup memilih ikon Komputer dan melihat alokasi ruang di panel kanan.

Masalah Driver Software yang terhubung ke PC Lambat
Driver software yang kedaluwarsa atau rusak dapat menyebabkan masalah kinerja PC yang serius. PC yang lambat dapat berarti bahwa Driver kalian perlu diperbarui atau diganti. Ini dapat dilakukan dengan membuka situs web produsen dan mencari pembaruan untuk berbagai Driver software kalian. kalian perlu mengetahui produsen dari semua berbagai perangkat (seperti Sound Card, Printer, Bluetooth, Modem, dll.) Dan kemudian mencari pembaruan Driver untuk perangkat ini.

Data yang korup atau terfragmentasi
Data secara alami akan menjadi terfragmentasi dari waktu ke waktu karena file program tersebar di sekitar hard-drive komputer kalian. Microsoft mengembangkan utilitas Defrag untuk ‘merapikan’ file-file ini dan membuat sistem pengarsipan komputer lebih teratur dan karenanya dapat diakses. Mengaktifkan akses data yang lebih mudah akan meningkatkan kecepatan komputer kalian.

Untuk menjalankan Defrag di Windows 2000, XP, dan Windows 7:
– Klik dua kali my computer
– Pilih Drive yang ingin Anda periksa (biasanya C: Drive)
– Klik kanan Drive ini dan pilih Properties
– Pilih tab Alat dan klik ‘Defragmentasi sekarang’

Untuk menjalankan Defrag di Windows 95, 98 dan Windows ME:
– Klik Mulai
– Klik Jalankan dan ketik ‘Defrag’ ke dalam kotak teks
– Klik OK
– Di Jendela Defrag pilih Drive yang relevan (biasanya C: Drive)
– Klik OK

Baca Juga:
Cara Mengatasi Emulator NOX, MEMU, KOPLAYER Stuck di 99
Mengatasi Macam Macam Error CODE pada Device Manager
Cara Mengatasi CPU/Komputer Nyala Monitor Gelap/No Display

Spyware dan Malware menyebabkan Masalah Kecepatan PC
Program antivirus seringkali dapat membiarkan beberapa Spyware dan Malware melalui internet. Penting untuk menginstal alat anti = spyware / anti-malware yang baik dan menjaganya tetap up-to-date.

Untuk masalah software sudah saya jelaskan sekarang cara mengatasi komputer lambat dengan hardware :

Penyebab PC lambat – Hardware: Bad Hardware
Jika kalian tidak dapat menemukan alasan lain untuk kinerja PC yang lambat, maka masalahnya mungkin terkait dengan hardware. Ini bisa menjadi masalah dengan motherboard atau hard drive jadi bukan sesuatu yang kalian mungkin akan mencoba untuk memperbaiki sendiri. Jika kalian sudah kehabisan semua opsi lain, dan berpikir itu mungkin masalah perangkat keras, kalian bisa membawanya ke service PC atau berinvestasi di komputer baru!

Penyebab PC lambat – hardware Komputer Overheating
Jika komputer kalian kepanasan ini dapat menyebabkannya melambat. kalian mungkin akan tahu dengan sentuhan dan suara (kalianakan mendengar kipas komputer bekerja lembur) jika PC kalian terlalu panas. Salah satu penyebab utama PC yang terlalu panas adalah kotoran atau debu yang membatasi aliran udara. Serta membersihkan komputer kalian, kalian harus memastikan tidak ada yang ditempatkan pada atau terhadap komputer yang membatasi aliran udara dan pengoperasian kipas yang ada di dalamnya.