Dampak Positif dan Negatif Penggunaan AC

By | Januari 13, 2019

Haii.. sahabat jejaring semua, AC telah banyak digunakan di perusahaan-perusahaan di kota besar namun sekarang banyak rumah-rumah yang juga menggunakan AC sebagai kebutuhan sehari-hari. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas dampak positif dan negatif penggunaan AC.

Dampak-Dampak Positif

1. Mendinginkan Udara Di Dalam Ruangan
AC berfungsi untuk mendinginkan udara di dalam ruangan, jadi untuk anda yang tinggal di daerah ibu kota atau lingkungan yang panas tidak perlu bingung kepanasan lagi.

2. Meningkatkan Kualitas Udara
AC dapat menyaring debu juga dapat mengontrol pertumbuhan jamur dan lumut dengan cara mengurangi tingkat kelembapan sehingga AC mampu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata

3. Meningkatkan Produktivitas
AC bisa membantu mengurangi kelelahan, AC yang menyejukkan akan meningkatkan produktivitas kerja. AC juga dapat membantu anda tidur lebih nyenyak.

4. Meminimalkan Resiko Dehidrasi
AC bisa meminimalkan terhadap resiko dehidrasi dengan cara mengurangi keringat dan mencegah kehilangan banyak cairan.

5. Membantu Mengurangi Asma Dan Alergi
Dengan cara kerja AC yaitu menyaring udara di dalam ruangan dapat membantu mengurangi penyakit asma dan alergi.

Dampak negatif Sering Memakai AC

1. Penyakit Paru-Paru
Merokok di dalam ruangan AC akan merusak sel-sel dalam paru-paru, hal ini akan terjadi pada perokok berat. Jadi sebaiknya hindari merokok pada ruangan berAC.

2. Penyakit Legionnaire
Penyakit Legionnaire merupakan sejenis penyakit pneumonia, air hangat yang ditemukan pada sistem AC sentral bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri legionella pneumophila. Jika tidak segera diobati penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi.

3. Kulit Kering
Setiap hari berada pada ruangan AC dapat membuat kulit kita menjadi kering karena kelembapan suhu udara yang dihasillkan oleh AC. Untuk mengantisipasi hal tersebut anda bisa menyediakan mangkuk berisi air dan letakkan pada meja dalam ruangan berAC tersebut.

Baca Juga: Tanaman Penyerap Racun

4. Infeksi Saluran Pernafasan dan Alergi
Suhu udara dingin dari AC dapat menyebabkan masalah sinus, pilek, gejala flu dan sakit tenggorokan. Filter AC yang tidak dibersihkan secara teratur akan menjadi tempat berkumpulnya debu dan bakteri yang akan menimbulkan banyak masalah pernafasan dan alergi.

5. Berat Badan
AC juga dapat menyebakan peningkatan berat badan karena pada saat menggunakan AC tubuh kita tidak perlu lagi mengeluarkan energi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan suhu lingkungan, hal ini yang menyebabkan kenaikan suhu badan.