Fungsi Klausa Where Pada SQL (Pengertian + Contoh)

By | Januari 30, 2019

Fungsi Klausa Where Pada SQL – Klausa where digunakan untuk menentukan kondisi saat mengambil data dari tabel tunggal atau bergabung dengan beberapa tabel.

Jika kondisi yang diberikan sesuai maka hanya mengembalikan nilai tertentu dari tabel. Anda akan menggunakan klausa WHERE untuk menyaring record dan mengambil record yang diperlukan saja.

Klausa WHERE tidak hanya digunakan dalam pernyataan SELECT, tetapi juga digunakan dalam UPDATE, DELETE, dll, yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Baca juga: Contoh Select Pada SQL

Sintaks dasar SELECT dengan klausa WHERE adalah sebagai berikut:

SELECT column1, column2, columnN FROM table_nameWHERE [condition] 

Anda dapat menentukan kondisi menggunakan perbandingan atau operator logika seperti >, <, =, like, not, dll Berikut contohnya:

Tabel pelanggan memiliki record sebagai berikut

select

Baca Juga: Contoh Insert Table pada SQL

Berikut ini adalah contoh yang akan mengambil id, nama dan gaji kolom dari tabel PELANGGAN mana gaji lebih besar dari 3000000;

SELECT id, nama, gaji FROM pelanggan WHERE gaji > 3000000;

Ini akan menghasilkan hasil sebagai berikut :

where

Baca Juga: Cara Menghapus Table pada SQL

Berikut ini adalah contoh, yang akan mengambil ID, Nama dan Gaji dari tabel PELANGGAN untuk pelanggan dengan nama Widodo . Di sini, penting untuk dicatat bahwa semua string harus diberikan dalam tanda kutip tunggal (”) dimana nilai numerik harus diberikan tanpa kutipan sebagai contoh :

SELECT id, nama, gaji from pelanggan where nama = 'Widodo';

Ini akan menghasilkan

where nama