Kerajinan Tangan Dari Bambu

By | Januari 13, 2019

Aneka Kerajinan Tangan Dari Bambu menjadi salah satu simbol bahwa bangsa indonesia merupakan bangsa yang kaya akan kekayaan alamnya, tanahnya subur yang bisa ditanami segala tanaman sehingga hasilnya dapat dipetik dan dipergunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah bambu, bambu merupakan salah satu komoditas yang mempunyai nilai jual cukup tinggi, beragamanya barang telah diciptakan oleh tangan-tangan terampil menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Produk yang dihasilkan sangat bervariasi mulai perabotan rumah tangga, peralatan nelayan dan masih banyak lainnya.

Banyak sekali jenis  kerajinan tangan di Indonesia dan salah satu dari kerajinan tangan tersebut adalah kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Kerajinan dari bambu banyak sekali peminatnya apalagi dari mancanegara. Keunikan dari kerajinan bambulah yang membuat daya minat dari mancanegara yang semakin tinggi, sehingga menciptakan peluang yang cukup besar untuk para seniman untuk menciptakan kerajinan-kerajinan unik dari bambu .

Baca Juga: Kerajinan Dari Pelepah Pisang

Selain persediaan bambu di Nusantara cukup banyak karena bambu merupakan tanaman yang pertumbuhanya cepat disetiap musim dan tidak membutuhkan perawatan khusus untuk merawatnya, para seniman pun tidak khawatir jika kekurangan bahan utama dari pembuatan kerajinan tesebut. Biasanya orang bule sangat menyukai produk yang terbuat dari bambu, karena mereka cepat bosan dengan perabotan-perabotan yang mereka miliki terutama perabotan rumah. Sehingga dipilihlah perabotan dari bambu yang terlihat sangat unik untuk menghiasi rumah mereka.

Contoh kerajinan dari bambu :

1. Boneka

Bambu juga dapat diolah menjadi boneka yang unik dan memiliki daya jual tinggi, apalagi dengan model-model yang simple dan lucu, apalagi dengan corak warna yang bervariasi.

2. Kaligrafi

Kaligrafi adalah sebuah karya seni yang unik dan artistik, kaligrafi dapat berupa kaligrafi huruf arab atau pun huruf  latin. Nilai lebih dari kerajinan ini adalah bentuknya yang unik dengan bentuk 3 dimensi dan natural, karena dibentuk dengan merangkai mengikuti serat dan lengkungan bambu secara langsung. Sehingga menambah kesan alami dari karya tersebut.

3. Lampu Hias

Lampu hias dari bambu merupakan kerajinan yang sangat bagus. Dengan bentuk yang unik, apalagi kita memiliki tangan yang terampil dalam pembuatan kerajinan ini. Pasti hasil yang didapat juga akan memuaskan.

4. Besek Bambu

Kerajinan besek bambu merupkan kerajinan tangan yang harus dilestarikan karena kerajinan ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Selain itu kerajinan ini merupakan kerajinan yang sangat unik dan memerlukan ketelitian yang cukup tinggi dalam proses pembuatanya.

Baca juga: Kerajinan dari Laut

5. Kerajinan Anyaman

Bambu memiliki beragam fungsi, mulai dari dapat digunakan menjadi pilar bangunan hingga dibentuk menjadi rupa-rupa kerajinan. Di tangan orang-orang yang terampil dan kreatif, bambu bisa diolah menjadi kerajinan tangan artistik yang layak jual lagi fungsional.  Salah satu bentuk kerajinan dari bambu adalah anyaman. Seni menganyam erat dengan budaya masyarakat Indonesia. Banyak barang tradisional sehari-hari yang dibuat dengan cara dianyam, seperti kipas sate, bakul tempat nasi, topi caping, tampah, tompo, rinjing  dan sebagainya.

Kerajinan anyam dari bambu berarti bahan utamanya adalah bambu. Bambu yang digunakan biasanya tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua sehingga mudah untuk dianyam. Jenis bambu yang bagus untuk dibuat anyaman adalah jenis bambu tali karena tidak mudah patah dan seratnya halus. Agar hasil anyaman bertahan lama, bambu yang telah dipotong dan dibelah tipis dijemur selama satu minggu agar kadar air dalam bambu berkurang.

Itulah artikel tentang Kerajinan Tangan  Dari  Bambu semoga bermanfaat.