Lima Pertambangan di Indonesia

By | Januari 13, 2019

Haii.. sahabat jejaring semua, Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Di Indonesia banyak sekali pertambangan hasil bumi. Kali ini saya akan membahas tentang beberapa pertambangan yang ada di Indonesia.

1. Minyak Bumi
Di Indonesia daerah-daerah penghasil minyak bumi terdapat di Pulau Jawa yaitu: Cepu, Cirebon, dan Wonokromo. Pulau Sumatra yaitu : Palembang dan Jambi. Pulau Kalimantan : Pulau Tarakan, Pulau Bunyu, Kutai dan Balikpapan. Pulau Irian : Sorong. Kualitas minyak bumi di Indonesia cukup bagus sehingga berperan penting dalam perekonomian Indonesia.

2. Batu Bara
Batu bara di Indonesia dihasilkan di daerah : Ombilin Sumatra Barat, Bukit Asam Palembang, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Riau, Aceh, Papua. Batu bara yang dihasilkan setiap daerah memiliki sifat yang berbeda.

3. Timah
Daerah-daerah penghasil timah di Indonesia yaitu Pulau Bangka, Belitung, dan Slingkep yang menghasilkan lebih dari 20 persen produksi timah putih dunia. Biji timah yang ditambang di Indonesia umumnya adalah jenis endapan timah aluvial yang sering disebut endapan timah sekunder atau timah placer.

Baca Juga: Jangan Terlalu Gegabah Dalam Berhutang

4. Gas Alam
Gas alam cair diproduksi di Arun dan Badak yang selanjutnya diekspor antara lain di Jepang. Minyak bumi cair yang sering disebut LPG ini terdiri atas propan dan butan, LPG digunakan untuk bahan bakar kompor gas oleh masyarakat.

5. Emas Dan Perak
Daerah penghasih emas dan perak di Indonesia yaitu : Tembagapura di Papua, Batu Hjau di NTB, Tasikmalaya, dan Jampang di Jawa Barat, Simao di Bengkulu, Logos di Riau, Meulaboh di NAD. Emas dan perak merupakan logam mulia yang berharga jual tinggi.