Makanan Dengan Bumbu Tambahan Kacang Tanah

By | Januari 13, 2019

Makanan di Indonesia begitu banyak dan tak akan ada habis jika anda mencoba satu persatu. Di Indonesia begitu banyak pulaunya yang menjadikannya begitu luas suka, bangsa, dan bahasa. Terutaman kulinernya. Saat ini saya akan memberitahukan beberapa makanan yang menggunakan bumbu kacang.

Makanan Dengan Bumbu Dari Kacang Tanah

Cilok

Cilok merupakan makanan yang mirip dengan bakso namun dalam bentuk mini. Cilok mempunyai bumbu teman makan yang ada dua. Yang pertama bumbu bakso asli atau juga bisa dengan bumbu kacang.

Siomay

Siomay merupakan makanan asli dari Kota Bandung. Di Indonesia ternyata juga mempunyai banyak sekali jenis variasi siomay. Siomay ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Sebagai pelengkap siomay biasa disajikan dengan telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, peria (pare) dan kubis.

Baca Juga: kue khas lebaran paling enak

Batagor

Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Makanan ini dibuat dari tahu yang diisi oleh adonan berbahan dasar Ikan Tenggiri dan Tepung Tapioka lalu digoreng dalam minyak. Batagor biasanya dihidangkan bersamaan dengan guyuran Sambal Kacang/Saus Kacang, kecap manis, sambal, dan sedikit perasan jeruk nipis .

Tahu Telur

Tahu telur merupakan makanan yang nikmat jika di makan malam hari saat udara yang dingin. Apalagi di makan saat hangat. Tahu telur merupakan makanan yang cukup mudah dibuat sendiri di rumah. Namun yang membuatnya sulit adalah bumbu kacangnya. Jika anda bukan orang yang biasa memasak makanan yang menggunakan bumbu kacang pasti akan sulit untuk membuat bumbu kacang yang pas.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal menurut saya hampir sama dengan tahu telur. Namun Yang membedakannya adalah terdapat udang di dalamnya.

Karedok

Karedok merupakan makanan asli Kota Bandung. Makanan ini dari makanan yang berbumbu kacang lainnya adalah terdapat sayur yang masih segar tanpa di masak. Sayuran tersebut biasanya adalah kacang panjang, kol, terong bulat, taoge, ketimun dan daun kemangi .

Lotek

Lotek merupakan makanan khas Indonesia yang hampir sama dengan pecel. Yang membedakannya adalah jika pecel cenderung pedas, lotek itu cenderung manis.

Ketoprak

Ketoprak biasa disajikan dengan ketupat dan dengan tahu, bihun, mentimun, taoge dan bisa juga memakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang merah goreng.

Baca juga: Kesenian Ludruk Dari Jawa Timur

Pecel

Pecel merupakan makanan khas Indonesia yang hampir sama dengan lotek. Yang membedakannya adalah jika pecel cenderung pedas, lotek itu cenderung manis.

Gado-Gado

Gado-gado dari namanya saja udah jelas makanan ini memang dicampur-campur yang berupa sayur-sayuran yang direbus, potongan telor, terus dicampur terus dijadikan dengan saus kacang/bumbu kacang terus tambahin kerupuk/emping dan jangan lupa taburi dengan bawang goreng (jika suka).

Sate

Sate merupakan makanan khas Indonesia dari Madura. Sate mempunyai banyak jenisnya. Mulai dari sate kambing, sapi, kuda, kerbau, dan sebagainya. Makanan sate memang tidak lengkap jika tidak di tambah dengah dengan bumbu kacang.

Itulah tadi beberapa makanan yang menggunakan bumbu kacang. Semoga bermanfaat yah.