Makanan Khas Bandung

By | Januari 13, 2019

Assalamu’alikum kawan, di sini saya akan memperkenalkan makanan khas Bandung. Insya Allah bermanfaat bagi kalian semua.

makanan Khas yang Ada di Bandung

1. Cimol

Cimol adalah singkatan dari “aci digemol” yaitu tepung kanji yang dibuat bulat-bulat terus di goring. Digorengnya dengan minyak dingin kalo pake minyak panas cimol tidak akan mengembang, biasanya cimol dimakan dengan bumbu-bumbu tambahan (istilahnya semacam seasoning) kalau digigit rasanya kenyal-kenyal dan paling enak dimakan ketika masih hangat.

2. Colenak

Colenak adalah makan khas Bandung yang masih bertahan sampai saat ini. Yang artinya “dicolek enak” colenak ini terbuat dari peyeum (tape) yang dibakar terus dikasih gula merah dan diberi sedikit parutan kelapa.

Baca Juga: Makanan Pedas di Indonesia

3. Gehu

Gehu adalah tahu yang isinya toge. Variasai tahu biasanya sih gehu ini sering diisi dengan apa yang kita mau contonya gehu pedas tahu yang berisi toge wortel cengek (cabe) terus digoreng dengan minyak panas dan dilumuri terigu agar menciptakan rasa yang krispi (renyah).

4. Seblak Basah

Seblak Basah adalah makanan khas Bandung yang paling gampang dibuat. Cuma bermodal krupuk, air, telur, cabe, garam, bawang putih. Haluskan bahan-bahannya seperti (cabe, bawang putih). Rendam kerupuk mentah yang terbuat dari aci (10 menit), setelah direndam masukan krupuk ke wajan yang telah dipanaskan yang berisi minyak sedikit, terus masukan juga bumbu yang telah dihaluskan kemudian masukan garam dan telur, aduk beberapa kali setalah itu sajikan di atas piring.

5. Piscok (Pisang Coklat)

Piscok adalah pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia yang berisi coklat. Cukup sederhana membuat makan ini cuma butuh pisang, coklat, kulit lumpia, minyak. Cara membuatnya potong-potong pisangnya terus bungkus dengan kulit lumpiah terus goreng deh di atas wajan yang panas.

6. Cilok

Cilok adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji yang dikukus terus dibuat bulat-bulat, yang berisi daging sapi atau pun gajih. Cilok ini sering digemari anak-anak. Untuk tambahannya biasanya disiram dengan saus kacang dan kecap. Rasanya kenyal dan sangat nikmat bila disantap hangat.

Baca Juga: Kerajinan dari Kaca bekas

7. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom (TO) adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Uniknya pada campuran nasi oncom tersebut ditambahkan kerupuk aci (tapioka) yang sudah diremas-remas. Nasi Tutug Oncom ini lebih nikmat bila dimakan dalam keadaan hangat.

Demikian beberapa makanan khas dari Bandung, jangan lupa bila jalan-jalan ke Bandung kalian bisa coba beberapa makanan di atas. Semoga bermanfaat.