Cara Mudah Membuat Selective Color Pada Foto

By | Januari 13, 2019

Mungkin di benak pembaca ada pertanyaan tentang apa itu sebenarnya Selective Color?. Dalam pengertian luas selective color adalah efek untuk mengubah warna bagian foto sesuai keinginan kita. Namun untuk keperluan artikel ini, kita akan batasi hanya pada foto hitam putih dengan sentuhan warna di obyek utama. Biasanya efek ini digunakan untuk memperkuat dan menonjolkan obyek utama pada foto.

Download dulu gambar buah di bawah

Mula – mula buka gambar buah yang akan di edit pada Photoshop. Gandakan gambar tersebut dengan cara drag layer background ke icon Create a New Layer. Kemudian akan muncul layer baru bernama background copy.

Langkah berikutnya menghitam putihkan layer background dengan tahapan yaitu, Klik Icon Indicate Layer Visibility pada layer background copy, Kemudian seleksi layer Background, Pilih Menu Image –> Adjustment –> Pilih Black And White 

Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah, dan klik OK

Selanjutnya Seleksi dan Klik Icon Indicate Layer Visibility pada layer Background Copy.

Berikutnya kita tinggal hapus beberapa gambar buah dengan Eraser Tool, pada layer Background Copy

Baca Juga: Cara Membuat Logo Android dengan CorelDraw

Hapus semua gambar buah kecuali buah yang di seleksi oleh lingkaran seperti gambar di bawah

Nah hasilnya seperti gambar di bawah

Sedikit sentuhan warna pada gambar atau foto menjadikan lebih bermakna, gambar atau foto tersebut menjadi terfokus ke suatu objek apabila dinikmati oleh pencita gambar atau foto.