Pengertian RDBMS dan Memahami Konsepnya

By | Februari 18, 2019

Apa itu RDBMS?

Mengetahui Konsep RDBMS – RDBMS (Relational Database Manajemen System) merupakan dasar untuk SQL, dan untuk semua sistem database modern seperti MS SQL Server, IBM DB2, Oracle, MySQL, dan Microsoft Access.

Sebuah sistem manajemen database relasional (RDBMS) adalah sistem manajemen database (DBMS) yang didasarkan pada model relasional seperti yang diperkenalkan oleh EF Codd.

Baca Juga: Pengertian SQL

Apa itu Table ?

Data dalam RDBMS disimpan dalam objek database disebut tabel. Tabel adalah kumpulan entri data terkait dan terdiri dari kolom dan baris.

Ingat, table adalah bentuk paling umum dan paling sederhana dari pemyimpanan data dalam database relasional. Berikut ini adalah contoh tabel pelanggan.

table_pelanggan

Apa itu Field ?

Setiap tabel dipecah menjadi entitas yang lebih kecil yang disebut field. Field dalam tabel PELANGGAN terdiri dari ID, NAMA, UMUR, ALAMAT, dan GAJI. Field adalah kolom dalam tabel yang dirancang untuk mempertahankan informasi spesifikasi tentang setiap record dalam tabel.

Baca Juga: AND dan OR

Apa itu Record atau Row ?

sebuah record juga disebut baris data adalah setiap individu entri yang ada di tabel. Misalnya ada 7 catatan dalam tabel PELANGGAN atas. Berikut ini adalah satu baris data atau record dalam tabel pelanggan.

record_pelanggan

Apa itu Column ?

Kolom adalah vertical entity dalam tabel yang berisi semua informasi yang terkait dengan field tertentu dalam sebuah tabel.

Misalnya, kolom dalam tabel PELANGGAN adalah ALAMAT, yang mewakili deskripsi lokasi dan akan terdiri dari :

column_pelanggan

Apa itu NULL value ?

Nilai NULL di tabel adalah nilai dalam field yang tampaknya kosong, yang berarti field dengan nilai NULL adalah field dengan tidak ada nilainya.
Hal ini sangat penting untuk memahami bahwa nilai NULL berbeda dari nilai nol atau field yang berisi spasi. Sebuah field yang berisi dengan nilai NULL adalah salah satu yang telah dikosongkan selama pembuatan record.

Baca Juga: Where Pada SQL

Kendala SQL

Kendala adalah aturan diberlakukan pada kolom data diatas tabel. Ini digunakan untuk membatasi jenis data yang dapat masuk ke tabel. Hal ini memastikan akurasi keandalan data dalam database.
Kedala bisa tingka kolom atau tingkat meja. Kendala tingkat kolom diterapkan hanya untuk satu kolom saja dimana sebagai kendala tingkal tabel diterapkan ke seluruh tabel. Berikut ini adalah kendala umum yang digunakan :

  • NOT NULL : memastikan bahwa kolom tidak dpat memiliki nilai NULL.
  • DEFAULT : menyediakan nilai default untuk kolom ketika tidak ada yang ditentukan.
  • UNIQUE : memastikan bahwa nilai dalam kolom yang berbeda.
  • PRIMARY KEY : uniknya diidentifikasi setiap baris/record dalam tabel database.
  • FOREIGN KEY : Uniknya mengidentifikasi baris/record dalam tabel database lain.
  • CHECK : memastikan bahwa semua nilai dlam kolom memenuhi kondisi tertentu.
  • INDEX : digunakan untuk membuat dan mengambil data dari database yang sangat cepat.

Baca Juga: Select Pada SQL

Database Normalisasi

Database normalisasi adalah proses efisiensi pengorganisasian data dalam database. Ada dua alasan dari proses normalisasi :

  • Menghilangkan data yang berlebiih, misalnya menyimpan data yang sama di lebih dari satu tabel.
  • Memastikan data dependensi masuk akal.

Kedua hal ini adalah tujuan yang layak karena mereka mengurangi jumlah ruang database mengkonsumsi dan memastikan bahwa data yang logis disimpan. Normalisasi terdiri dari serangkaian pedoman yang membantu memandu anda dalam menciptakan struktur database yang baik.

Pedoman normalisasi dibagi menjadi bentuk normal, memikirkan bentuk sebagai format atau caraa struktur database ditata. Tujuan dari bentuk normal adalah untuk mengatur struktur database sehingga sesuai dengan aturan bentuk normal pertama, kemudian bentuk normal kedua, dan terakhir bentuk normal ke tiga. Secara umum bentuk normal dar normalisasi adalah

  • Bentuk normal pertama (1NF)
  • Bentuk normal kedua (2NF)
  • Bentuk normal ketiga (3NF)