Pengertian Array dan Contohnya

Daftar Isi

Apa itu Array ?

Definisi Array – Array adalah struktur data yang berisi sekelompok elemen. Biasanya elemen memiliki tipe data yang sama, seperti integer atau string. Array yang umum digunakan dalam program komputer untuk mengatur data sehingga satu set yang terkait nilai-nilai dapat dengan mudah diurutkan atau dicari.

Misalnya, mesin pencari dapat menggunakan array untuk menyimpan halaman web yang ditemukan dalam pencarian yang dilakukan oleh pengguna. Ketika menampilkan hasil, program akan menampilkan salah satu elemen dari array pada suatu waktu. Hal ini dapat dilakukan untuk sejumlah nilai-nilai tertentu sampai semua nilai yang tersimpan dalam array menjadi output. Sementara program bisa membuat variabel baru untuk setiap hasil yang ditemukan, menyimpan hasil dalam array adalah cara yang jauh lebih efisien penggunaan memori.

Baca Juga:
Pengertian Antivirus
Pengertian Angry Birds

Sintaks untuk menyimpan dan menampilkan nilai-nilai dalam array biasanya terlihat seperti ini:

arrayname[0] = “This “;
arrayname[1] = “is “;
arrayname[2] = “pretty simple.”;

print arrayname[0];
print arrayname[1];
print arrayname[2];

Perintah di atas akan mencetak tiga nilai pertama dari array, atau “This is Pretty simple” Dengan menggunakan “while” atau “for”, programmer dapat memberitahu program untuk output setiap nilai dalam array sampai nilai terakhir menjadi hasil. Jadi Array tidak hanya membantu mengelola memori agar lebih efisien, mereka membuat pekerjaan programmer lebih efisien juga.

Tag Terms
definisi array
hit dalam array
pengertian array