Pengertian Sistem Operasi dan cara kerjanya

By | Februari 25, 2019

Apa Itu Sistem Operasi ?

Sistem Operasi adalah perangkat lunak/software yang menjembatani atau sebagai perantara antara Brainware,Hardware,Software.

Sistem Operasi ini biasa yang kita sebut-sebut itu sebagai Windows, Linux, Unix, Mac dll itulah sistem operasi, tanpa sistem operasi kita tidak bisa menjalankan aplikasi apa saja seperti Photoshop, Microsoft Office, Chrome dll kecuali masuk ke Booting.

untuk fungsi sistem operasi itu ada tiga yaitu Input Output Process, nah sistem operasi itu sebagai perantara ketiga itu, Perantara antara Program yang masuk dan Keluar dari Perangkat Keras atau Hardware.

Baca Juga:
Pengenalan Sistem Operasi Linux
Apa Itu Routing

Macam-Macam Bagian Sistem Operasi

Sistem Operasi terdiri berbagai macam Bagian seperti Mekanisme Boot, meletakan sebuah kernel kedalam memori
Kernel inti dari sistem operasi

Command-Interpreter atau biasa kita sebut Shell yang bertugas untuk membaca Input dari Pengguna atau Brainware
Pustaka-Pustaka yang merupakan isi fungsi-fungsi dasar

Driver yang merupakan interaksi dari Hardware External, sekaligus mengontrolnya

Input

Input merupakan masukan, seperti ketika kita mengetik sesuatu atau mengetik tombol “A” kita akan melihatnya di monitor kita, itulah input sebuah masukan yang masuk ke dalam Proses lalu keluar ke dalam Output.

Process

Proses atau Process merupakan salah satu perantara dari Input dan Output tugasnya adalah memproses semua yang akan masuk ke dalam input dan ingin di keluarkan.

Output

Output atau keluaran merupakan sesuatu yang muncul dari Hardware kita atau perangkat keras kita dan kita bisa merasakan Hasil dari itu contoh ketika kita ingin print sebuah dokumen kita akan melihat hasilnya, itulah gabungan dari Input Proses dan Output.