Pengertian Switch dan Tipe-Tipe Switch

By | Februari 25, 2019

Apa Itu Switch ?

Switch adalah salah-satu perangkat jaringan yang di gunakan untuk menjembatani banyak jaringan ATAU banyak komputer yang ingin terhubung satu-sama lain dan menjadikannya sebagai 1 SEGMEN.

Switch juga biasanya di panggil ATAU di bilang dengan panggilan SwitchHub, BrigdeHub, atau MACBridge dll

Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau penghala pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan taut data (data link), cara kerja pengalih hampir sama seperti jembatan (bridge), tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan pancaporta (multi-port bridge).

Perbedaan Switch Managed dan Unmanaged

ada 2 (dua) perbedaaan dalam switch yaitu managed dan unmanaged

Switch Managed

Switch ini bisa dibilang switch yang bisa melakukan Service/Pelayanan pada Layer 2
(Kalau dalam Cisco itu dia ada juga dua perbedaan, UnManaged dan Managed nah untuk memastikan mana yang Unmanaged dan Managed tinggal dilihat dari Nomor Seriesnya Kalau 3000+ itu Managed 3000 Kebawah itu UnManaged) Dan mungkin beberapa Layer 3 seperti Routing dan DHCP, dia juga bisa Plug-And-Play

Switch UnManaged

Switch ini bisa dibilang Switch yang paling mudah kenapa? karena tinggal Plug-And-Play done semuanya sudah di atur TAPI dia hanya bisa Meneruskan Packet yang datang ke penerima tidak bisa melakukan Service/Layanan Seperti VLAN,Bridge,dll

Baca Juga:
Pengertian Dan Sejarah Cisco
Apa Itu File Transfer

Tipe-Tipe Switch

1. ATM Switch

Asynchronous Transfer Mode adalah mode transfer yang disusun dalam bentuk sel-sel. Maksud asinkronus adalah pengulangan sel yang mengandung informasi dari pengguna tidak perlu periodik.

2. ISDN Switch

ISDN (Integrated Services Digital Network) Switch atau yang dikenal sebagai istilah Frame relay switch over ISDN yang biasanya terdapat pada Service Provider bekerja seperti halnya switch, tetapi memiliki perbedaan yaitu interface yang digunakan berupa ISDN card atau ISDN router

3. DSLAM Switch

A Digital Subscriber Line Access Multiplexer (DSLAM, sering diucapkan dee-lam) memungkinkan telepon garis untuk membuat koneksi cepat ke Internet. Ini adalah perangkat jaringan, yang terletak di bursa telepon dari penyedia layanan, yang menghubungkan beberapa pelanggan Digital Subscriber Lines (DSLs) dengan kecepatan tinggi backbone Internet line menggunakan multiplexing teknik. Dengan menempatkan DSLAMs terpencil di lokasi terpencil dengan sentral telepon , perusahaa telepon menyediakan layanan DSL ke lokasi sebelumnya di luar jangkauan efektif.

4. Ethernet Switch

Sebuah Switch Ethernet adalah LAN interkoneksi perangkat yang beroperasi pada lapisan data-link (lapisan 2) dari model referensi OSI . saklar pada dasarnya mirip dengan jembatan, tetapi biasanya mendukung jumlah yang lebih besar dari segmen LAN terhubung dan memiliki kemampuan manajemen yang lebih kaya. LAN modern semakin diganti media bersama media diaktifkan, dengan menginstal switch Ethernet dan jembatan di tempat hub dan repeater.

Partisi logis ini lalu lintas ke perjalanan hanya selama segmen jaringan di jalur antara sumber dan tujuan. Hal ini mengurangi bandwidth yang terbuang dari hasil dari mengirim paket ke bagian jaringan yang tidak perlu menerima data. Ada juga manfaat dari pengamanan ditingkatkan (pengguna kurang mampu tap-in ke’s data pengguna lain), manajemen yang lebih baik (kemampuan untuk mengontrol siapa yang menerima informasi apa (yaitu Virtual LAN) dan untuk membatasi dampak dari masalah jaringan), dan kemampuan untuk mengoperasikan beberapa link di full duplex (duplex lebih dari setengah diperlukan untuk mengakses bersama-sama)