Penjelasan Tentang Strategi TI dan Contohnya

By | Januari 21, 2019

Beberapa istilah yang sering digunakan dalam Strategi IT

  • IT Master Plan
  • Rencana Induk Pengembangan TI
  • Rencana strategic TI
  • IT Strategic Planning lainnya

Visi

  • Kemana perusahaan akan dibawa
  • Apa yang diinginkan perusahaan
  • Jelas, tegas, menarik
  • Big Hairy Audacious Goals (BHAG)

Misi

  • Alasan mengapa TI diterapkan
  • Tujuan dan fungsi TI
  • Dikaji ulang untuk mengidentifikasi tema dan ide
  • Identifikasi nilai inti

Strategi TI

  • Bagaimana visi dapat dicapai dalam periode waktu tertentu
  • Penggunaan checkpoint
  • Benchmark untuk memeriksa efektifitas strategi
  • Diselaraskan dengan misi dan nilai inti perusahaan
  • Menjadi jembatan antara visi dan misi

Contoh Visi Pertamina :

Menjadi Perusahaan Gas Kelas Dunia”

Contoh Misi Pertamina :

  1. Menjalankan usaha yang meliputi : Pengadaan, Penimbunan, Pendistribusian, dan Pemasaran yang terintegrasi berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.
  2. Mempertahankan posisi sebagaimana market leader bisnis gas dalam negeri.
  3. Memberikan layanan dan benefit terbaik kepada stakeholder.

Tujuan Pengembangan

Alasan yang mendasari suatu organisasi/perusahaan untuk mengadopsi proses dari strategi SI/TI adalah:

  • Untuk mengidentifikasi dimana SI/TI dapat berkontribusi paling besar sehingga dapat ditentukan prioritas dalam berinvenstasi.
  • Untuk meningkatkan competitive advantage dari peluang bisnis yang dibuat dengan menggunakan SI/TI.
  • Membangun sebuah cost-effective.
  • Mengembangkan sumber daya dan kompetensi yang sesuai untuk mengimplementasikan  SI/TI dengan sukses dalam organisasi.
  • Tujuan inti dari pengembangan strategi SI/TI adalah untuk meyakinkan bahwa nilai yang sebaik mungkin dapat dihasilkan dari investasi SI/TI.
  • Hal ini dapat dicapai dengan menyelaraskan kebutuhan TI dengan strategi bisnis—keselarasan strategi—dan dengan mengeksplorasi peluang dimana SI/TI dapat berperan dalam meningkatkan keseluruhan keuntungan, produktivitas dan ketangguhan organisasi/perusahaan untuk menghadapi persaingan.
  • Sebuah organisasi/perusahaan harus fleksibel dan responsif untuk mengantisipasi datangnya ancaman dan peluang yang tidak tentu waktunya.

Baca juga: Fakta Menarik Kejahatan Cyber

Elemen Utama Strategi TI

  • Technology Fluency
    Membangun aktivitas pendukung dan aktivitas pelatihan untuk berbagi keahlian dan pengertian mengenai akuisisi informasi, pengetahuan, media dan distribusinya dalam konteks teknologi.
  • Digital Content Development
    Menyediakan dukungan, bantuan teknis dan produksi, serta petunjuk yang akan membantu organisasi/perusahaan dalam memperoleh, menggunakan, mendistribusikan dan mengembangkan konten digital.
  • Universal Access
    Menyediakan kemudahan pengaksesan untuk memformulasikan informasi, pengetahuan, media dan penyebarannya.
  • Partnerships
    Memfasilitasi dan mengembangkan hubungan internal dan eksternal yang membantu organisasi/perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengimplementasikan tools dan metode teknologi yang mudah diadaptasi dan fleksibel.
  • Community Service
    Membantu pengembangan dari kebutuhan insfrastruktur social dan ekonomi.