VirtualBox dan Berbagai macam Virtualisasi

By | Februari 25, 2019

VirtualBox dan Berbagai macam Virtualisasi – Yo, disini saya akan menjelaskan apa si itu VirtualBox dan apa aja alat Virtualisasi di jaman sekarang? .

Macam-Macam Virtualisasi

VirtualBox

Virtual Box
VirtualBox adalah salah satu alat virtualisasi yang gratis, yang dapat menjalankan atau mengeksekusi Sistem Operasi, contohnya : ” Kalian mempunyai sistem operasi yang berbasis windows… lalu kalian ingin belajar tentang linux tapi karna gk mau beli laptop/komputer lagi pakai aja ini jadi dari 1 Laptop/ 1 Sistem Operasi punya 2 Sistem Operasi secara langsung”

VirtualBox mendukung beberapa sistem operasi seperti Windows,Linux,Solaris, OpenSolaris, Bahkan FreeBSD dll.

VMware

vmware
VMware adalah perangkat lunak/software virtualisasi yang merupakan pemegang pangsa pasar untuk perangkat lunak Virtualisasi.

VMware perlu di ingat Aplikasi ini berbayar… dan ada banyak fitur yang mungkin tidak ada di VirtualBox, Salah satu fitur yang di sediakan oleh VMware adalah “Adanya DHCP-Built-in untuk berbagai NAT ke semua Virtual Machine”.

Baca Juga:
Pengertian Sistem Operasi dan cara kerjanya
Struktur Sistem Linux

Windows Virtual Machine

Windows Virtual Machine adalah salah satu perangkat lunak Virtualisasi juga yang di jalankan di atas sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh.

Windows Virtual Machine ini di sediakan secara gratis oleh Pihak Microsoft tapi ke-Gratis’an itu hanya sampai 90 Hari.

Qemu (Quick Emulator)

Qemu (Quick Emulator) adalah Salah satu perangkat lunak/Software yang Aplikasi yang Free atau Open-Source untuk Virtualisasi Hardware.

Qemu ini mempunyai Lisensi Utama yaitu GNU yang dibuat oleh Fabrice Bellard dan juga ada beberapa bagian dari lisensinya yang memakai lisensi BSD.